Translate

Kamis, 09 Februari 2017

Makanan Memperbanyak ASI

ASI lancar pasti senang... bayi kenyang...... Ibu pun happy....
Sayang anak... sayang anak.... Yuks berikan ASI ekslusif selama 6 bulan... kalau bisa sampai usia 2 tahun..
Ayooo semangattt Mamaaaaaaaa!!!!!!!!

Setiap ibu pasti ingin bayinya sehat, ingin memberikan semua yang terbaik buat anak.. ingin memberikan ASI ekslusif bagi si bocah kecil yang mungil dan imoeeettt.. Tetapi tidak sedikit ibu yang kecewa karena ASI nya tidak selancar yang diharapkan.

Yuks kita intip makanan apa saja seh yang bisa membantu memperbanyak ASI

1. Buah pepaya
 Buah pepaya ini banyak mengandung vitamin A, C, kalium, dan asam folat..
 Buah pepaya juga bisa dimasak dengan sup tulang/kepala ikan...
 Selain itu buah pepaya juga bisa dicampur dengan madu..
 Buah pepaya dipercaya dapat menambah nafsu makan.

2. Daun katuk

Daun katuk banyak mengandung vitamin A, C, B1, Zat besi, kalium protein, fosfor kalsium, karoten.

3. Air putih
Tubuh manusia sangat membutuhkan air. Setiap orang harus minum air putih 2 liter(8 gelas) setiap harinya. Jika ibu kekurangan cairan dalam tubunya otomatis produksi ASI menurun. Ibu hamil/ibu menyusui yang sering terpapar sinar matahari membutuhkan air lebih banyak. Pastikan selalu anda minum air bersih dan bebas kuman. Tandanya tidak berwarna keruh, tidak ada kotoran dan tidak berbau.

4. Kacang-kacangan seperti kacang almond.
Almond ini banyak mengandung kalsium sehingga sangat dibutuhkan untuk ibu menyusui. Selain itu kacang almon juga tinggi kalori dan tidak menyebabkan alergi serta iritasi pada anak-anak.

5. Edamame
Edamame ini adalah kedelai muda yang berasal dari Jepang. Makanan ini cukup direbus saja. Kandungan didalam edamame ini banyak sekali seperti magnesium dan kalium yang berfungsi untuk menguatkan tulang selain itu edamame juga banyak mengandung beta karoten dan kaya akan protein.

6. Kacang hijau
Kacang hijau bermanfaat dalam membantu mencukupi kebutuhan protein dan energi. Dalam kandungan kacang hijau banyak vitamin B1, protein, fosfor, tiamin, mangan, kalium, magnesium dan asam folat.
Kacang hijau juga bagus sekali untuk diminum sewaktu ibu batuk..berfungsi untuk meredakan batuk.. tetapi minumnya tanpa gula.. silakan dicoba!!

7. Bayam
Bayam sangat bagus dikonsumsi untuk ibu menyusui karena banyak mengandung vitamin A, B6, C, E, K, asam folat, riboflavin, fosfor, kalium, protein, zat besi, karoten, dan thiamin.

8. Jambu air
Jambu air selain enak dibuat rujak. Jambu air ini ternyata banyak khasiatnya  jambu air banyak mengandung vitamin A, C, kalsium, fosfor dan zat besi. Kalsium tidak hanya untuk menguatkan tulang tetapi juga untuk meningkatkan fungsi otot dan saraf. Buah yang kadar airnya cukup tinggi ini bersifat mendinginkan sehingga selain enak dimakan buah ini juga bisa menghalau rasa sakit paska melahirkan.

9. Semangka
Semangka kaya akan vitamin A dan C, kalium serta asam folat, namun rendah kandungan lemak jenuh, kolesterol dan natrium. Kadar air yang cukup tinggi ini sangat baik untuk asupan cairan tubuh.

10. Pare
Walaupun rasanya pahit, ternyata sayuran ini dapat membantu untuk mengentalkan dan memperbanyak produksi ASI sehingga bayi mudah kenyang. Pare mengandung vitamin K, likopen, dan anti oksidan.
Pare juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan anti kanker.

11. Fenugreek
Fenugreek ini berupa daun berwarna hijau dan bunganya putih, sering dipakai pada masakan orang India, seperti kari. Fenugreek ini dapat membantu memperbanyak ASI. Kandungan didalam fenugreek ini antara lain: magnesium, vitamin B6 dan zat besi.

12. Susu Kedelai
Susu kedelai banyak mengandung vitamin A, D, B12, protein dan mineral. Selain itu susu kedelai dapat membantu mengentalkan ASI  sehingga bayi cepat kenyang.


Selamat mencoba dan membuktikan sendiri khasiat makanan-makanan diatas. Dan jangan terlalu memaksakan berapa banyak ASI yang harus diberikan kepada bayi ibu.  

..Kunci utama jangan cepat putus asa ya ibu-ibu. Bye!!!

Sampai berjumpa di blog saya berikutnya semoga bermanfaat!!!!!!!



2 komentar:

  1. Kayanya banyak salah ketik di artikel anda. Anyway, thanks for sharing this useful informations

    BalasHapus
  2. terima kasih ya infonya...
    semoga bermanfaat artikel ini dan silakan mencobanya..
    saya sudah mencobanya dan saya berhasil menyusui anak saya selama 2 tahun.

    BalasHapus