Translate

Selasa, 21 Februari 2017

Dampak warna terhadap emosi anak


Colours of The Soul

Kita dapat mengenal emosi anak melalui warna ketika ia sedang menggambar atau mewarnai. Warna dapat berfungsi untuk memberikan vibrasi tertentu dalam sebuah desain. Warna juga dapat memberikan efek psikologis kepada orang yang melihatnya.

Ahli psikologis mengatakan ada 4 warna primer yaitu: merah, hijau, kuning dan biru. Warna bisa menunjukkan karakter atau sifat  yang berbeda.

Beberapa penelitian membuktikan, anak balita yang memilih warna terang seperti merah, merah muda dan biru sebagai warna favouritnya, mengidentifikasinya sebagai warna yang membangunkan rasa senang dan semangat. Sedangkan  yang memilih warna bernuansa gelap seperti hitam,coklat, biru tua dan abu-abu mengidentifikasi warna favoritnya dengan perasaan sedih, depresi dan murung.

Yuks kita kenalin satu persatu warna yang berpengaruh terhadap suasana hati balita kita

MERAH

Merah adalah warna pertama yang dapat dilihat anak, setelah dia mampu membedakan warna hitam dan putih. Merah memberikan nuansa hangat, semangat dan kekuatan, pemberi peringatan bila terjadi bahaya dan menarik perhatian.

Warna merah memang memiliki efek merangsang sirkulasi darah yang membuat otak menjadi akitf. Anak yang tidur dikamar yang dominan warna merah akan semangat untuk beraktivitas.

Kenalkan warna merah anak melalui: mainan, buah-buahan dan peraturan lalu lintas. Kita dapat juga mengenalkan anak kita lampu lalu lintas warna merah berarti berhenti...


KUNING
Kuning memberikan efek psikologis berupa keceriaan, kegembiraan dan kebahagiaan. kuning merupakan warna paling terang bagi mata manusia, termasuk warna yang mencolok sehinggga dapat dikenali dengan mudah.

Anak yang tidur dikamar dengan nuansa kuning akan lebih sering terbangun dan menangis ditengah malam sebabnya 
warna kuning yang ditangkap mata akan memicu otak untuk memberi perintah kepada tubuh, meningkatkan kecepatan metabolisme didalam tubuh serta sistem saraf.

Kenalkan warna kuning melalui daun daun yang sudah menguning, sayur dan buah-buahan berwana kuning (labu, jagung, jeruk dan pisang) serta mainan.


HIJAU

Warna hijau memberi kesan segar, sejuk,tenang, aman, subur dan kesembuhan. Warna hijau diibaratkan seperti alam dimana terdapat pada daun dan rerumputan.

Anak yang tidur dengan nuansa warna hijau akan tidur nyenyak dan membuat tubuh lebih segar keesokan harinya. Hijau juga memberikan efek relaksasi dalam metabolisme tubuh sehingga proses perbaikan sel dan peningkatan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih cepat.

Kenalkan warna hijau melalui pemandangan alam seperti rumput, pohon, daun, sayuran dan buah-buahan, mainan serta pakaian.


BIRU

Warna biru memberi ketenangan, kemapanan, dingin, kebijaksanaan , kepercayaan, kekuatan didalam diri dan meningkatkan intuisi.

Anak yang tidur dikamar warna biru akan lebih tenang, sebab otak menangkap warna biru sebagai rangsang otak untuk memberi perintah kepada tubuh yang meberikan efek menenangkan.

Kenalkan anak melalui mainan, pemandangan alam seperti langit dan laut, balok mainan, lego.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar