Translate

Rabu, 15 Februari 2017

Perkembangan Bayi Melihat Warna





🎼  Pelangi-pelangi alangkah indahmu ♫ merah kuning hijau 🎵 dilangit yang biru 🎶.






Kita paling senang menyanyikan lagu ini apalagi kalau melihat pelangi yang begitu indahnya. Bayi sudah bisa mengenal warna sejak usia 0 tahun. Semenjak dikandungan kita sudah sibuk menyiapkan barang-barang keperluannya dan mendekor kamar dengan warna warni serta membelikannya mainan. Warna merupakan identitas atau bagian dari ciri suatu benda dapat memudahkan anak mengenali benda-benda disekitarnya.

Bayi juga bisa diajarkan untuk menghindari benda-benda tajam atau berbahaya dengan menggunakan warna misalnya lampu indikator dispenser/water heater yang berwarna merah yang artinya panas.

Indera penglihatan merupakan indera yang berkembang paling akhir, bahkan setelah lahir perlu beberapa bulan baru indera penglihatan dapat berkembang sempurna.
YUKS kita ngintip sejak kapan seh sebetulnya bayi mulai mengenal warna?
Warna apa saja yang sudah bisa ia kenalin?

Usia 0-2bulan
Bayi yang baru lahir, ia dapat melihat meski masih terbatas. Jarak pandangnya masih sangat terbatas, hanya sekitar 30 cm saja. 

Sampai usia 1 bulan, pandangannya belum bisa fokus pada benda yang dilihatnya karena dia belum dapat menggunakan kedua matanya bersama-sama. Benda-benda yang dilihatnya masih berwarna hitam dan putih dan masih buram.

Usia 2 bulan bayi dapat melihat warna hanya saja tidak dapat membedakan dua warna seperti merah dan jingga yang diletakkan berdekatan. Oleh karena itu bayi usia 2 bulan lebih suka warna kontras seperti hitam putih dan warna terang yang kontras seperti merah dan ungu.

Rangsang penglihatan bayi dengan gambar hitam dan putih, gambar berwarna kontras dan foto yang memberi gambar nyata. Yang paling disukai bayi usia ini adalah wajah ibunya , karena sangat dekat dan mudah dilihat.

Usia3-6 bulan
Pada usia ini bayi dapat mengenali lebih banyak warna, terutama warna yang memiliki gelombang cahaya yang panjang seperti merah, jingga, hijau dan kuning.

Pada usia ini ibu sebaiknya memberikan soft toys atau bola atau mainan warna warni untuk membantu mengenali dan membedakan warna-warni ini.



Usia 6-9 bulan
Usia 6 bulan penglihatan bayi mendekati kemampuan melihat seperti pada orang dewasa. Puncak pencapaiannya adalah usia 8 bulan. 

Bayi akan lebih senang mengamati warna merah dan biru ketimbang hijau dan kuning. Warna biru memiliki gelombang pendek sehingga akan membutuhkan watu lebih lama untuk bayi mengenalinya hal ini berkaitan dengan kematangan sistem saraf penglihatan yang butuh waktu untuk berfungsi lebih baik.



Usia 9-18 bulan
Jelas pada usia ini kemampuan bayi mengenal warna lebih jelas dan lebih baik bahkan bisa dibilang seperti orang dewasa. Kemampuan anak menyebutkan warna-warna seiring dengan perbendaharaan kata yang makin bertambah. 

Ayukksss mama cantik, kita harus lebih kreatif dan terus berikan rangsangan sehingga membantu anak kita mengenal dan membedakan warna. Mengenal warna bisa melalui sayuran, makanan dan buah buahan. Atau pada saat memilih dan memakaikan pakaian. Beritahu anak warna apa yang dia pakai, dan makanan apa yang dia makan.


Usia 18-24 bulan
Kemampuan anak dalam mengenal warna meningkat sekitar usia18 bulan, bersamaan saat ini ia juga dapat mengenal bentuk, ukuran dan tektur. Tetapi membutuhkan waktu lebih lama sampai ia betul-betul mengenal warna. 

Berikan mainan yang mencocokan gambar dan bentuk sehingga ia dapat mengelompokkan benda sesuai dengan warna dan bentuk. 




Usia 24-36 bulan
Anak pada usia 3 tahun kebanyakan mulai bisa menyebutkan nama warna, bahkan ada yang sudah bisa menyebutkan sebelum usia 3 tahun. 

Pada usia 2 tahun setidaknya satu atau dua warna bisa dia sebutkan. Berikan anak anda buku bergambar dan perlihatkan gambar dan bentuk yang ada dibuku tersebut sehingga mengenal warna nya akan lebih berkembang.

Lalu tanyakan kepada dia warna apa ini nak?? Atau yang mana yang berwana merah?
Atau anda bisa lebih berkreasi dalam menyebut warna melalui nyanyian atau permainan-permainan yang lebih seru. Jika ia benar berikan tepuk tangan dan jangan lupa cium sayang kepada buah hati anda.


Yakinla anak yang tumbuh dalam cinta kasih seorang ibu dan ayah nantinya akan menjadi anak yang tangguh!!!!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar