Translate

Jumat, 10 Maret 2017

Berbagai Macam Posisi Menyusui

Pada saat menyusui emak-emak harus duduk dengan santai atau sambil berbaringan. Berikut ini adalah beberapa posisi yang bisa membantu emak-emak menyusui dengan santai.

1.  Cradle hold

salah satu posisi menyusui yaitu cradle hold
Posisi ini cocok bila anda dan bayi anda dapat berkoordinasi dengan baik dan menyusui dengan mudah. Dukung kepala bayi anda dan letakan kepalanya di lengan / di siku anda dan pegang pantatnya dengan tangan anda. Pastikan wajah dan tubuhnya menghadap anda.

2. Cross Cradle Hold

salah satu posisi menyusui yaitu cross cradle hold
Posisi ini sangat ideal untuk bayi yang baru lahir, kecil atau bayi prematur. Posisi ini sangat cocok untuk ibu yang mempunyai puting payudara yang kecil. Satu lengan mendukung tubuh bayi dan yang lain mendukung kepala.

3. Football hold

salah satu posisi menyusui yaitu football hold
Posisi ini sangat ideal untuk bayi yang kecil, ibu dengan payudara yang besar dan ibu yang melahirkan dengan operasi sesar. Caranya pegang bayi di samping dengan kaki di belakang anda dan bayi terselip di bawah lengan anda, seolah-olah anda sedang memegang bola kaki. Posisi ini juga bisa membantu jika air susu kita tersumbat di bawah ketiak.

4. Posisi pada saat tidur/ Lying down

salah satu posisi menyusui yaitu posisi tidur atau lying down
Posisi ini sangat ideal untuk ibu yang melahirkan dengan operasi sesar. Menyusui dengan berbaring ini akan memberi lebih banyak kesempatan untuk bersantai dan juga untuk tidur lebih banyak pada malam hari. Anda bisa tidur saat bayi menyusui. Dukung punggung dan kepala bayi dengan bantal.


Setiap posisi mempunyai kelebihan masing-masing, tidak ada posisi yang paling sempurna. Perlu diperhatikan situasi dan kondisi dari ibu atau pun bayi.

Jangan lupa banyak makan makanan yang ada di artikel berikut supaya membantu memperbanyak ASI emak dan juga pedoman berikut buat emak emak yang baru pertama kali memberi ASI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar