Translate

Kamis, 23 Februari 2017

Menjaga Kebersihan Mulut Bayi

Kesehatan mulut adalah salah satu hal yang penting dalam masa tumbuh buah hati kita. Mulut bayi merupakan salah satu anggota tubuh yang sama seperti lainnya di mana setiap bagian tubuh sebaiknya selalu dibersihkan secara rutin demi menjaga kesehatan bayi.

Mulut bayi perlu dibersihkan sejak dini walaupun belum ada gigi geligi yang tumbuh, hal ini bertujuan untuk menanamkan kebiasaan bagi bayi untuk membersihkan giginya kelak dan untuk membantu menjaga kebersihan daerah mulut bayi.

Mulut bayi perlu dibersihkan 2 kali sehari sama seperti kita menggosok gigi pagi sesudah minum ASI dan malam sebelum tidur.

Bagaimana cara membersihkan mulut bayi:

  1. Sebelum membersihkan mulut bayi anda sebaiknya bunda mencuci tangan agar bebas kuman. lalu basahi kain kasa steril / waslap / sikat khusus untuk bayi dengan air matang, lalu balut pada jari telunjuk anda. Letakkan bayi dipangkuan anda agar lebih mudah membersihkan mulutnya. Mulailah pada bagian luar yaitu bibir dan sekitarnya.
  2. Sikat khusus yang digunakan untuk membersihkan mulut bayi
  3. Perlahan-lahan buka mulut bayi dengan bantuan jari tangan anda. Sebelum memasukkan jari tangan anda pastikan kuku tangan anda pendek agar muka dan bibir bayi anda tidak luka. Kemudian masukkan jari telunjuk anda dan gosok perlahan gusi bagian belakang atas hingga ke depan atas. Selanjutnya bersihkan gusi bagian bawah dari belakang terus ke depan.
  4. membersihkan mulut bayi dengan kasa streril
  5. Jangan lupa lidah bayi juga perlu dibersihkan. Lakukan secara perlahan mulai dari pangkal dan INGAT jangan terlalu ke belakang mulut bayi.


Tujuan membersihkan mulut bayi


Tujuan utamanya adalah untuk menjaga kebersihan daerah mulut. Jika bayi anda minum ASI anda tidak perlu khawatir jika menemukan bercak-bercak putih di mulut bayi walaupun anda sudah rajin membersihkannya, hal ini dikarenakan sisa-sisa ASI memang bisa menimbulkan bercak-bercak berwarna putih yang biasanya muncul pada bagian mulut, seperti bibir, bagian dalam pipi, langit-langit dan lidah. Tetapi biasanya bercak-bercak putih ASI ini tidak akan menimbulkan masalah kesehatan pada bayi.

Bayi yang minum susu formula perlu diwaspadai jika ada bercak putih pada mulut bayi hal ini dikarenakan sisa-sisa susu formula yang tidak dibersihkan berpotensi menyebabkan tumbuhnya sejenis jamur yaitu Candida albicans. Masalahnya kalau jamur sampai tumbuh di mulut bayi, tidak bisa hanya dibersihkan dengan kain lembut atau kasa steril saja. Jika dipaksa dibersihkan malah menimbulkan luka. Biasanya kondisi ini dokter akan memberikan salep tetes anti jamur. Sebelum hal ini terjadi lebih baik kita mencegah dengan cara membersihkan mulut bayi setiap hari.

Yukkss jaga kebersihan mulut bayi kita sebelum terlambat.. Jika mulut bersih maka bayi akan merasa nyaman dan jika kesehatan mulut bayi terjaga maka bayi akan merasa lebih segar. Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar