Translate

Minggu, 05 Maret 2017

Pentingnya Membaca Buku Dimulai Dari Usia Dini

Buku adalah jendela dunia, dengan membaca kita bisa memperoleh banyak pengetahuan. Mari kita kenalkan membaca buku kepada anak sejak masih bayi. Walaupun ia tidak bisa membaca tetapi ia bisa mendengarnya. Dengan mendengar ia belajar mengenal suara dasar, pola dan ritme suara untuk berbicara, perbendaharaan kata, arti kata dan konteks penggunaanya. 


pentingnya mengenalkan anak untuk membaca buku di mulai dari usia dini


Dengan mengajarkan kebiasaan membaca juga melatih kebiasaan dia untuk memusatkan perhatian khususnya dalam hal mengingat. Pengalaman pribadi saya, saya selalu membacakan anak saya buku sebelum ia tidur. Walaupun kadang ia tidak bisa duduk dengan diam, tetapi ternyata dia mendengarkan dengan seksama. Hal ini bisa dibuktikan sewaktu ia sudah bisa menunjuk kepada suatu objek/gambar yang ada dibuku tersebut dengan tepat. 

Pada saat ini saya sangat senang usaha yang saya lakukan tiap malam untuk membacakan buku kepada dia tidak sia-sia. Sampai hari ini saya masih melakukan hal yang sama setiap malam sebelum ia tidur yaitu saya membacakan buku cerita kepadanya. Bahkan sekarang kalau belum membacakan buku kepadanya ia akan mengambil sendiri buku cerita dan meminta untuk dibacakan. 

Membaca buku dapat menciptakan kebersamaan. Anak akan merasa sangat aman, merasa sangat dicintai dan hal tersebut sangat bagus untuk perkembangan sosialnya. Suara kita dalam membaca juga dapat mengajarkan ia tentang ekspresi, intonasi dan ekspresi manusia. Selain itu di dalam buku cerita banyak sekali gambar-gambar yang menarik seperti alam yang sangat indah sehingga bagus sekali terhadap perkembangan kognitifnya karena ia dapat memahami tentang lingkungan. 

Membaca akan melatih ketrampilannya membuka buku, melatih koordinasi visual dan motoriknya. Seorang anak yang gemar membaca buku, ia akan memperhatikan isi halaman dengan seksama, ia akan melihat gambar dan simbol sehingga akan memperkaya pengetahuannya. Dengan mendengar anak akan menambah kosakata sehingga melatih ia berpikir secara aktif.  Membaca buku juga dapat membantu melatih kemampuannya untuk mengingat serta mempunyai pemahaman yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar